Metodologi Pembelajaran
Metodologi Pembelajaran Minggu, 10/4/2011
DR. Nusa Putra, S.Fil, M.PD
0817144735
·
Dasari filsosofi
filsafat – empirisme – rasionallisme – humanism – teori –
behaviorisme – kognitisme konstruktivism – multimensionalisme – metodologi pembelajaran
·
tidak ada suatu pernyataan kecuali ia mempunyai dasar filosofi
tertentu
·
Dasar Penelitian
Penelitian J. Ledoux, Antonio Damasio, H. Gardner ---à Metodologi Pembelajaran
·
Ibnu Rusd di kecam di Islam tetapi di hargai di barat, begitu juga
terhadapa skolatistik
·
B. Russel : filosof pernaih nobel di abad 20
·
Bryan Magee
·
jika belajar ingin berhasil maka guru harus melibatkan emosinya
agar terkenang di murid, maka jgn malu untuk mengajar dg seluruh tubuh.
·
mandi dengan tangan
terpejam, baca terbalik, sehingga bisa menghidupkan bagian otak yang tadinya
mati
·
kenapa qur’an bergaya puisi….bercerita yang diulang ulang, makanya
alqur’an itu menarik
·
melibatkan pembelajaran dengan emosi di dalam kelas
·
harus ada pembelajaran pengembangan emosi?
·
tanpa emosi kita tidak bisa membuat keputusan
·
saya butuh bukti bukan alasan, kenapa kita selalu berbicara
kesuksesan
·
membaca dengan keras
banyak fungsi otak yang bekerja (cocok buat amtsilati)
·
Jangan belajar melulu dengan verbal, karena banyak yang hilang.
harus pakai warna atau gambar karena sulit hilang. makanya gambar pornografi
itu bahaya, karena sulit hilang dari pemikiran anak-anak
·
latih otak anda oleh DR.
KAWASHIMA
·
di kasih kepercayaan
·
tubuhnya tidak kosentrasi karena terlalu banyak melumat lemak,
habis makan
·
sholat malam pemicu untuk memotivasi otak dalm pembelajaran’
·
mengapa sholat itu harus mutmainnah?
·
kacang kedelai membantu pengkretutan muka
·
pendidikan orang tua adalah pendidikan analisis
·
pembentukan perilaku itu harus lama, sehingga terbentuk
·
kalau prestasi anak jatuh maka tambah dengan pelajaran music dan
jasmani
·
di jepang, wajib mengikuti salah satu ekskul fisik dan ekskul seni
·
tarian rumi sekarang terbukti, karena zikir tidak hanya dengan
duduk saja tafi harus melibatkan fisik dengan gerak
·
rnd --- kontens analisis ---bagaimana mengembangkan model
·
nero sains
·
argumentasi rumi, zikir haru s bergerak, karena shalat, haji saja
harus bergerak
·
didisertasi perbanyak pola empiris, temukan model – model empiris
·
ada satu bagian tubuh yang tidak dilibatkan dalam pendidikan, maka
pendidikan itu gagal
·
A – Israel, minta nambah lagi
·
143 dari 1000 orang, doctor
·
semua alat canggih di buat di tel aviv baru di bawa eropa
·
rumi walaupun ia sufi tetapi ia mengembangkan model, pelatih senam
otak mengatakan bahwa rumi merupakan salah satu inspirasi untuk senam otak
·
3 x seminggu bersenggama membuat badan sehat
·
ibadah di Islam banyak menggunakan gerak tubuh
TANGGAL 24 APRIL 2011
STAD
(Student teams achievement Division)
·
strategi dan metodologi pembelajaran tujuannya adalah proses
pengaktifan murid.
· dalam pembelajaran ini kalau bahasa
politiknya adalah otonomi. sehinga otonomi kelompok kelpompok aktif dan pusat
dari guru berkurang
·
kita harus menguasai model, tapi tidak semua model bisa diajarkan
pada setiap saat
· model model disini hanyalah dasar
adapaun pengembangannya melalui empiric atau disertasi
· saya mendorong penelitian
kualaitati, karena kita akan melihat kenyataan empiris sehingga bisa
mengembangkan model model lain
· bisa jadi sesuatu itu hebat ternyata
empiriknya sudah ditinggalkan orang
· kenapa guru tidak pernah beranjak
dari metode ceramah atau transfer ilmu, karena ada racun yang namanya ujian
nasional
· penyakit raja singa
· STAD, CTL, servis learning,
cooperative learning, Quantum Teaching, active learning, effective teaching,
Accelerated Learning, FUN LEARNING, QUANTUM LEARNING, DISCOVERY LEARNING, INTEGRATED
LEARNING, KONTEKSTUAL LEARNING, UP TO YOU LEARNING, model pendekatan
pembelajaran terpadu, E-Learning, Model Pembelajaran Alternatif, CIRC, TEORI BELAJAR KOGNITIF, Brain-Based Teaching,
·
kerja kelompok jangan berharap materi selesai, pasti tidak selesai.
yang penting dari model ini adalah prosesnya, sekarang untuk materi
sudah ada semua di internet.
·
kalau materi itu tidak perlu dipikirkan tetapi bagaimana murid itu
mengalami metode pembelajaran/ proses
·
kenapa saat ini kita kurang bisa menerima perbedaan, karena dari
kecil tidak ajarkan kelompok
·
pendidikan pesantren traditisonal masih banyak yang bagus dalam
model pembelajarannya tetapi kenapa ketika santri itu ke Jakarta cepat sekali
berubah karena terpengaruh lingkungan luar, berarti ada sesuatu dipesantren
yang kurang begitu kuat mengikuti tradisinya…..?
·
kenapa santri itu setelah keluar dari pesantren seperti keluar dari
penjara?
·
kenapa ketika dipesantren rajin tetapi setelah pulang kerumah di
tidak rajin lagi shalat?
·
kenapa justru islamisasi ada dari jebolan kampus yang tidak
berbasic islami?
·
maka harus dicari suatu model pembelajarn yang bisa menjawab ini
semua
·
KEKUATAN KELOMPOK
·
Kalau materi banyak yang terlambat, gampang saja , kasih saja PR,
tugas, dll, tetapi dengan cara ini, tumbuh tidak solidaritasnya, sosialnya,
akhlaknya, ketekunannya.
·
karena kalau kelompok itu ada pembagian tugas, komitmen
·
jangan pernah ada dikelompok
satu orang yang mendominasi atau terlalu menonjol. kalau bisa jangan
dijadikan ketua kelompok. karena akhlak dan kelakuannya akan ditiru, jika
akhlaknya jelek, bahaya.
·
jangan buat kelompok yang jumlahnya lebih dari empat orang. biasanya 3 orang. kalau lebih dari lima satu
kelompok ada dua kelompok lagi karena ngobrol.
· jangan diberi tugas yang terlalu
banyak atau terlalu sedikit. kalau terlalu banyak mereka akan bagi bagi tugas 1
bab 1 bab.
·
jangan kelompok itu terlalu lama dalam kelompok karena mereka akan
jenuh, kalau 1 semester kelompoknya dia lagi maka jadi bosen. kalau lama nanti
terlalu ada yang dominan
· ada masa dimana anak lebih percaya
kepada temannya daripada menyampaikan keluh kesah ke orang tuanya.
·
dalam perusahaan, kalau suatu kelompok tidak terlalu lama, apabila
suatu kelompok sudah menghasilkan penghasilan yang besar maka harus segera di
akhiri.
· talent manajemen.
· kelas 1 dan 3 SD masih memerlukan
suatu pigur
· Guru harus menciptakan tantangan
tantangan baru (solusinya) sebagai guru
· jangan membuat disertasi yang
pragmentalis, (sendiri – sendiri)
· bukan hanya didasarkan dalil tetapi
empiriknya.
· (pengaruh – hubungan)
· Majlis Ta’lim (bagus untuk
disertasi)
· membongkar tong sampah di kampong
naga
· artis Hollywood setiap sampahnya di
bakar
· disertasi membongkar NII dan
ahmadiyah
·
untuk keabsahan kualitataf bisa dengan teman sejawat.
5/6/2011 (fun learning)
·
semua penelitan tentang fun learning terkait kuat dengan “ otak”
(basisnya otak)
·
rokok, mabok itu sebagaian orang menyenangkan, susah melepaskan
sesuatu yang menyenangkan
·
fun learning ada disemua metodologi pembelajaran
·
dan kata kunci “fun learning” adalah keterlibatan siswa (TERLIBAT)
·
suasananya tidak formal sehingga “menyenangkan”
·
sehingga guru dan murid dalam posisi yang sama
·
projek spektrun dan projek hero
·
belajar matematika pun dikaitkan dengan seni
·
kemudian “harus ada tantangan” sehingga menyenangkan.
·
tantangan “jangan terlalu lemah” atau “terlalu keras”
·
caranya yaitu “menghargai setiap individu”
·
berhasil atau tidaknya tergantung “konsep diri anak” “minat anak”
·
mulai dari “pisang” setelah itu dikasih tahu Negara memproduksi
pisang.
·
menangis itu dapat menyelamatkan jantung, karena kotoran banyak
yang keluar dari air mata
·
guru itu harus jadi entertainer, motivator, propokator
·
kalau nguap anak ikut nguap, kalau tegang anak tegang, kalau senang
anak senang.
·
Tidak ada metodologi pembelajaran yang bisa melayani semua siswa,
keberagaman itu amat penting
·
pendidikan andragogi (dewasa)
·
pak nusa tidak bikin soal tetapi mahasiswa yang bikin, dan
mahasiswa yang jawab.
·
‘keberagaman metodologi’ itu harus
·
gurulah akhirnya yang tetap mengolah metodologi itu.
·
permainan imajinasi (futsal dwiwarna)
·
persepsi diri, semangat juang, konsep diri, motivasi yang
menentukan kognisi siswa
·
tugas siswa harap segera dikembalikan dan diberikan komentar
·
keteladanan pertama adalah jangan telat ketika mengajar. kalau
telat sekali besok maka siswa akan mencap besok guru telat.
·
tunjukkan anda lebih dari sekedar dosen agama, dan mahasiswa harus
menyangka bahwa dosennya adalah dosen yang selalu belajar.
·
keberhasilan dikelas bukan hanya dikelas itu saja, tetapi untuk
selanjutnya.
·
aku panglimamu dan aku juga ayahmu
Komentar
Posting Komentar